Sabtu, 08 Oktober 2011


Suzuki Skywave Dan Skydrive 125 Pasang Intake Pendek


Lubang bisa sama karbu standar
Suzuki Skywave aslinya punya intake manifold yang panjang. Karburatornya juga punya posisi di samping guna mengikuti letak filter yang berada di tutup CVT lantaran tergeser bagasi yang besar.

Itu yang membuat mekanik kadang tidak habis akal. Katanya mengorbankan intake yang harus dipasang panjang. Dirasa mekanik balap jadi kurang responsif karena manifold yang panjang itu. Apalagi posisinya juga meliuk.

Memang sih ada yang bependapat kalau makin panjang manifold akan membuat torsi besar. Tapi, kalau posisiny meliuk akan membuat aliran gas bakar jadi kurang maksimal.

Itu yang membuat Bang Jay alias Zaenudin dari Eka Jaya Motor mengganti intake standar Suzuki Skywave.

Kebetulan di bengkel Bang Jay terdapat Skywave milik Hendra yang sudah dibore up abis-abisan. Modifikasi motor ini pernah nongol di MOTOR Plus beberapa waktu lalu.

Untuk menggantinya, Bang Jay mengakalinya dengan manifold milik Suzuki TRS. Barang orisinal dan tahan panas jadinya tidak bocor ketika panas.

Enaknya lagi, kepunyaan TRS lebih murah. “Harganya paling Rp 75 ribuan,” jelas mekanik dari Ruko Poris Paradise Blok B9, No. 16, Tangerang itu.  

Berbeda dengan menggunakan intake dari Suzuki TS125. Harganya di pasaran masih cukup tinggi. Harga eceran bisa mencapai Rp 125 ribu. Bisa mahal juga karena banyak dipakai tim road race.

Enaknya lagi, menggunakan leher angsa TRS lebih menguntungkan. “Karena lubang bautnya bisa sama dengan lubang di kepala silinder. Tidak perlu lagi dilebarin atau diperbesar,” jelas mekanik yang sudah lama menekuni road race itu.  

Lubang baut bisa sama alias pas
Termasuk lubang manifold dengan lubang inlet di head. Bisa lurus tanpa perlu membesarkan lubang leher angsa. Jadinya tidak perlu tuner atau dikorek.

Paling kalau mau aplikasi karburator yang gambot. Misalnya menerapkan karburator  yang venturinya sudah 28mm ke atas. Harus mau melakukan kerjaan tambahan. Yaitu, kudu main korek lubang manifold.

Kebetulan Bang Jay pasang di Skywave pakai Mikuni kotak dengan venturi 24mm. Jadinya tidak repot korek lubang venturi bisa langsung plek. Begitu juga kalau masih menggunakan karburator standar. Masih bisa langsung masuk.

Akibat penggunaan intake ini posisi karburator jadi sangat dekat dengan ruang bakar. Posisi menghadapnya juga barubah jadi ke samping. Ini juga yang oleh sebagian mekanik diklam bisa bikin tarikan motor langsung joss...

Tapi, sayang filter udara standar susah diaplikasi. Kecuali kalau memang mau dibuatkan slang khusus yang panjang supaya bisa terhubung ke filter udara. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar