Sabtu, 08 Oktober 2011


Sebab Susah Pindah Gigi? Batang Persneling Sumber Masalah


  Kuncinya ada di kualitas batang pengait agar drum pemidah gigi dan kopling dapat bersinergi 
Susah oper atau pindah gigi membuahkan banyak kesimpulan. Ada yang sebut kampas dan pelat kopling sudah habis, setelan kopling terlalu rengang, bahkan sampai ada yang bilang kemungkinan girboks bermasalah.

Padahal kalau masalah macam begitu terjadi setelah lama dipakai dan bukan di motor baru, pastinya sangat mudah ditebak. “Jika setelan kopling di bak mesin sudah disetel sampai mentok tapi masih juga susah pindah gigi, artinya ada komponen masalah,” ujar Sri Budianto, mekanik Master Tjendana.

Lanjut Budi, jika masalahnya dari kampas dan pelat kopling biasanya motor kurang bertenaga juga susah waktu menghidupkan mesin. Dan jika dari girboks, sudah pasti bukan cuma tidak mau pindah namun juga berputar. Makanya yang perlu dilacak adalah batang (garpu) pemindah gigi serta komponen penekan kopling di motor bebek.

Misalkan di motor bebek, jika setelan kopling di bak mesin sudah mentok tapi masih sulit pindah gigi, coba periksa komponen penekan kampas kopling di dalam bak mesin. Piranti ini berupa bola-bola yang tugasnya menekan kampas kopling dengan bantuan putaran as persneling.


Tangkai pengait aus dan per lemah mempersulit pindah gigi
“Jika bola-bola mulai aus bikin dorongnya kurang maksimal. Sehingga posisi kampas belum terlalu bebas dan bikin susah pindah gigi. Itu juga bisa terjadi bila ganti bola-bola imitasi. Kadang suka miring posisinya waktu dipasang,” imbuh mekanik di Jl. Pagarsih No 146, Bandung ini.

Tapi, kalau bukan dari bola-bola penekan kampas, dapat pula dikarenakan tangkai pengait posisi drum pemindah gigi mulai aus salah satu sisinya. Apalagi ditambah pegas kecil penegang tangkai pengait dan tangkai utama sudah mulai lemah.

“Gejalanya, kadang pers- neling suka balik sendiri meskipun sudah terasa kalau sudah pindah gigi. Sebab pengaitnya belum sempurna memutar drum pemindah gigi. Makanya suka miss. Dan ini juga bisa terjadi di motor sport,” timpal Tommy Bramantya, kepala instruktur dari kursus mekanik HMTC cabang Depok.

Pastikan bola-bola orisinal dan tidak aus
Penyebab lainnya, masih Tommy, jika salah satu komponen di as persneling aus atau diganti dengan ukuran lebih tebal. Seperti contoh ring atau bushing yang dapat menyebabkan batang persneling bergoyang waktu digunakan. Lalu yang jarang terjadi tapi akan sangat mempengaruhi kerja persneling jika batang bengkok. 

2 komentar:

  1. gni sob perseneling ane susah blik lg gmn ya??tolong d bntu ya sobbb????

    BalasHapus
  2. salam knal gan.
    saya pnya rx king dah lama, tpi suatu saat ada kendala. masalahnya tu giginya g mau turun(setelah saya pakai sampai gigi 5) jadi sekarang mtor gua nongkrong tu.

    tolong pencerahannya
    trims..

    BalasHapus